SMA Negeri 1 Seputih Raman

  • Create an account
    *
    *
    *
    *
    *
    Fields marked with an asterisk (*) are required.

Tekhnologi Wirelles

MAKING CANTENNA

 Apa itu antena kaleng?

Antena kaleng sebenarnya tidak jauh beda dengan antena TV yang sering digunakan untuk menerima sinyal dari stasiun televisi, seperti INDOSIAR, RCTI,SCTV, Trans TV, Metro TV dan tidak lupa RBTV. Bisa dikatakan antena kaleng hanya sebagai penguat sinyal saja (ada pendapat lain ..?). Antena kaleng merupakan alternativ lain jika sedang bokek, sedang kurang duit untuk beli ekor babi (pig tail) yang harganya lumayan mahal, atau kurang dana untuk membuat antena omni atau antena helikal. Apakah lokasi rumah Anda dekat dengan hotspot area, atau Anda seorang pemalas, malas keluar rumah, dan hanya mempunyai PC1 yang tidak memungkinkan untuk diangkat-angkat keluar ruangan? Jika jawabannya ya, maka antena kaleng cocok untuk Anda yang mempunyai dana terbatas. Ingat, pastikan tidak ada penghalang yang cukup berarti dari tempat tinggal Anda ke access point terdekat. Biasanya juga antena kaleng digunakan untuk perang (wardriving).
Alat yang diperlukan
Berikut ini merupakan langkah-langkah yang harus dipersiapkan sebelum membuat antena kaleng.
1. Sebuah kaleng yang mempunyai panjang 13,3 cm dan diameter 10 cm (kaleng pelumas atau oli juga bisa digunakan).
2. PCMCIA Card (bila anda menggunakan laptop yang belum dilengkapi perangkat Wi-Fi 802,11b atau 802,11g) yang mempunyai antena luar.
3. PCI W-Lan Card Wi-Fi 802,11b atau 802,11g (untuk anda yang menggunakan PC, card tersebut ditancapkan ke Slot PCI).
4. Konektor SMA (untuk konektor yg menghubungkan kabel dengan Card CMCIA atau PCI W-lan card, biasanya beberapa jenis PCMCIA masih menggunakan model  pigtail dengan konektor SMA, SMB, SMC atau MCX
5. Kabel coaxial RG-58 yang panjangnya sebaiknya tidak lebih dari 15 meter.
6. Konektor N Plug (TNC Plug Connector RG 58 CRMPG) yang digunakan untuk menghubungkan ke kabel.
7. Konektor N (TNC Connector segel chasis).
8. Baut dan mur (untuk menempelkan konektor N ke Antena kaleng).
 
 

Terhubung ke internet

 

Koneksi di Linux
Beberapa distro Linux mungkin sudah mengenali WLAN card Anda. Tapi bila WLAN card yang digunakan belum dikenali dengan baik oleh sistem operasi Linux, maka gunakan ndiswrapper. Ndiswrapper merupakan aplikasi yang digunakan untuk memuat module driver wireless card yang berekstensikan inf yang digunakan di Windows.
Download versi yang terbaru dari situs resminya. Sebagai contoh, saya menggunakan ndiswrapper-1.7. Perlu diingat untuk menginstall driver diperlukan adanya source code dari kernel dan sedikit kerja keras. Jika Anda sudah mendownloadnya silakan ekstrak file tersebut dengan perintah tar xzvf untuk tar.gz atau tar xjvf untuk tar.bz2.
root@masaiga:# tar xzvf ndiswrapper-1.7.tar.gz
root@masaiga:# cd ndiswrapper-1.7
Langkah berikutnya hanya tinggal melakukan perintah make dan make install tanpa harus dikonfigurasi terlebih dahulu.
root@masaiga:# make
root@masaiga:# make install
Cukup mudah untuk menginstal aplikasi ini. Setelah terinstall selanjutnya siapkan driver WLAN card anda yang ada pada CD dan cari file yang berekstensi inf. Karena kita hanya memerlukan file tersebut, meskipun didalamnya terdapat banyak file. File ini bisa disalin keharddisk terlebih dahulu untuk memudahkan saja. Untuk menginstall driver cukup jalankan perintah ndiswrapper diikuti opsi –i yang artinya install dan diikuti nama driver.inf. untuk lebih jelasnya lihat baris perintah dibawah.
root@masaiga:# ndiswrapper –i NetA3AB.inf
Driver yang ada diatas adalah driver yang ada pada CD driver DLINK DWL-G510, dan untuk sekedar meyakinkan apakah driver telah terinstall dengan baik, mak digunakan perintah ndiswrapper –l.
root@masaiga:# ndiswrapper -l
Installed drivers:
neta3ab driver present, hardware present Driver yang telah terinstall sepenuhnya belum dikenali oleh sistem
 
Last Updated ( Sunday, 19 June 2011 16:28 )  
You are here: Home Berita Berita SMA